Materi Pelajaran Matematika Kelas 1 SD
BILANGAN SAMPAI DENGAN 10
1. Menghitung dan Mengurutkan Benda Sampai
Dengan 5
a.
Membilang atau menghitung secara urut
b. Menyebutkan
banyak benda
c.
Membandingkan dua kumpulan benda
d. Membaca
dan menulis lambang bilangan
1)
Membaca lambang bilangan
Lambang
bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2)
Menulis lambang bilangan
·
1 ikan diwarnai
Tulis lambang bilangan 1 dibukumu
·
2 ayam diwarnai
Tulis lambing bilangan 3 dibukumu
e.
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur
dari terkecil atau terbesar
f.
Membilang loncat sampai dengan 5
Contoh :
Membilang loncat 2 dari lambang bilangan 1
Satu dua tiga empat lima
1 2 3 4 5
g. Mengurutkan
sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar
2. Menjumlah dan mengurang bilangan sampai
dengan 5
a.
Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan
Contoh :
·
Satu pensil ditambah satu pensil sama dengan dua
pensil
1 + 1 = 2
·
Lima
bola dikurangi empat bola sama dengan satu bola
5 – 4 = 1
b. Menerjemahkan
bentuk penjumlahan dan pengurangan
c.
Membaca dan menggunakan symbol +, -, dan =
1. Penjumlahan
a)
Menjumlahkan satu bilangan dengan bilangan yang lain
·
Satu jeruk ditambah dua jeruk sama dengan tiga
jeruk
1 + 2 = 3
b)
Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan
·
Satu
jeruk ditambah dua jeruk sama dengan tiga jeruk
1 + 2 = 3
2 + 1 = 3
c)
Menentukan pasangan bilangan yang jumlahnya diketahui
terbesar 5
d)
Menyelesaikan soal cerita sederhana
Contoh :
Umi mempunyai dua pensil
Ia membeli lagi tiga pensil
Berapa pensil umi sekarang?
2 + 3 = 5
Pensil umi sekarang 5
2. pengurangan
a)
mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain (1 sampai dengan 5)
·
lima
jeruk dikurangi tiga jeruk sama dengan 2 jeruk
5 – 3 = 2
b)
mengenal bilangan nol melalui pengurangan
·
satu ikan dimakan satu ikan sisanya tidak ada
1 – 1 = 0
c)
menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
soni memiliki 3 balon
balon itu meletus 1
berapa balon yang tidak meletus
3 – 1 = 2
Balon soni yang tidak meletus adalah 2 balon
3. penjumlahan
dan pengurangan
a)
menjumlahkan dan mengurangi dengan bilangan nol
contoh :
1 + 0 = 1
1 – 0 = 1
2 + 0 = 2
b)
memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan
pengurangan
contoh :
yuda mempunyai lima
balon
balon itu diberikan kepada deni 2
berapa balon yuda sekarang?
5 – 2 = 3
Balon yuda sekarang 3
c)
mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5
contoh :
2 + 1 = 3
4 – 1 = 3
5 – 3 = 2
3. Menghitung dan mengurutkan banyak benda
sampai dengan 10
a.
Membilang atau menghitung secara urut
Contoh :
b. Menyebutkan
banyak benda
c.
Membandingkan dua kumpulan benda
d. Membaca
dan menulis lambang bilangan
1)
Membaca lambang bilangan
Bacalah dari kanan ke kiri
Lambang
bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2)
Menulis lambang bilangan
e.
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur
f.
Membilang loncat sampai dengan 10
g. Mengurutkan
sekelompok bilangan dari terkecil ke terbesar
4. Menjumlah dan mengurang bilangan sampai
dengan 10
a.
Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan
Contoh :
·
Lima
tomat di tambah satu tomat sama dengan enam tomat
5 + 1 = 6
·
Enam minggu dikurangi dua minggu sama dengan empat mangga
6 – 2 = 4
b. Menerjemahkan
bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam kalimat sehari-hari
c.
Membaca dan menggunakan symbol +, - dan =
1. penjumlahan
a)
menjumlah dua bilangan yang sama
contoh :
satu buku ditambah dua buku sama dengan dua buku
1 + 2 = 3 buku
b)
menjumlah dua bilangan yang tidak sama
delapan pisang ditambah 2 pisang sama dengan 10 pisang
8 + 2 = 10 pisang
c)
menjumlah dua bilangan satu angka
contoh :
2 jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7 jambu
2 + 5 = 7
d)
menentukan pasangan bilangan yang diketahui jumlahnya
terbesar 20
e)
menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
ayam betina rini 3
ajam jantan rini 1
berapa jumlah ayam rini?
3 + 1 = 4
Jumlah ayam rini 4
2. pengurangan
a)
mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain
contoh :
enam sawo dikurangi dua sawo sama dengan empat sawo
6 – 2 = 4
b)
mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain dengan
cara bersusun
c)
menentukan pasangan bilangan yang selisihnya ditentukan
contoh :
pasangan bilangan yang berselisih 5
5 dan 0
6 dan 1
7 dan 2
8 dan 3
9 dan 4
10 dan 5
d)
menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
ibu mempunyai 8 telur, 3 telur pecah
Berapa telur ibu sekarang ?
Jawab :
8 – 3 = 5
Telur ibu sekarang adalah 5 telur
d. Mengingat
penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
6 + 2 = 8
8 – 2 = 4
10 – 7 = 3
e.
Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan
pengelompokan
1.
sifat pertukaran
contoh :
3 + 5 = 8
5 + 3 = 8
Catatan : penjumlahan memiliki sifat pertukaran dan
pengurangan tidak memiliki sifat pertukaran
2.
sifat pengelompokan
contoh :
(3 + 2) + 1 = 6
3 + (2 + 1) = 6
Pengerjaan dalam kurung dilakukan lebih dahulu
f.
Memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan
pengurangan
Contoh :
Ayam rahma 2
Ibunya membelikan lagi 7
Kemudian ayahnya membelikan lagi 3
Berapa jumlah ayam rahma sekarang ?
2 + 7 + 3 = 11
Ayam rahma sekarang 11
Satuan Pengukuran
Mengenal satuan waktu.
a. Mengenal konsep waktu.
·
Contoh :
Jaraknya dekat, jadi waktu perjalanannya
sebentar.
Jaraknya jauh, jadi waktu perjalanannya lama.
b. Contoh kegiatan yang sebentar atau yang
lama.
·
Misalnya :
Jarak dari rumah ke sekolah dekat.
Jarak dari rumah ke kota jauh.
Jadi untuk pergi ke sekolah memerlukan waktu sebentar, dan untuk pergi ke
kota memerlukan
waktu lama
.
c. Mengingat pengurutan nama-nama hari.
1.
Menyebut nama-nama hari secara berurutan.
Mari kita pelajari dan kita ingat
urutan nama-nama hari
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
2.
Mengenal hubungan hari dengan minggu.
·
7 hari = 1 minggu.
·
1 minggu = 7 hari.
d. Membaca tanda waktu.
1.
Membaca tanda waktu jam.
2.
Bercerita tentang kegiatan sehari-hari.
·
Contoh :
Pukul berapakah kamu tidur pukul 05.00 apakah
kamu sudah bangun
Apakah pukul 06.00 kamu sudah sarapan
Apakah pukul 07.00 kamu sudah ada di sekolah
3.
Mengatur jarum jam.
e. Menyatakan lama waktu suatu kegiatan dalam
satuan jam.
·
Contoh :
Sebuah bus berangkat dari kota A pukul
06.00 dan tiba di kota
B pukul 09.00
Berapa
jam lama perjalanan bus itu ?
Jawab
: lama perjalanan 9-6 = 3 jam
OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI DENGAN 20
1. Menghitung dan mengurutkan banyak benda
a. Membilang
atau menghitung secara urut
b. Menyebutkan
banyak benda
Contoh :
1 ikatan lidi
ditambah 1 ikatan lidi sama dengan 2 ikatan lidi
Satu ikatan lidi
sama dengan 10 lidi jadi 10 + 10 = 20
c. Membandingkan
dua kumpulan benda
d. Membaca dan
menulis lambang bilangan
1)
Membaca lambang bilangan
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
10
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
2)
Menulis lambang bilangan
Contoh :
Lambang bilangan
dari sebelas adalah 11
Lambang bilangan
dari empat belas adalah 14
e. Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur
f. Membilang
loncat sampai dengan 20
g. Mengurutkan
sekelompok bilangan
Contoh :
Urutkan enam
kartu bilangan dari terkecil enam
Jawab :
6 7 8 9 10 11
2. Menjumlah dan mengurang bilangan
a.
Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan
Contoh :
Didalam tas eni
ada 7 pensil
Eni memasukkan
lagi 5 pensil
Coba berapa
pensil didalam tas eni sekarang?
Jawab :
7 + 5 = 12
Jadi pensil
didalam tas eni sekarang ada 12
b. Menerjemahkan
bentuk penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
c.
Membaca dan menggunakan symbol +, - dan =
1)
Menjumlahkan dua bilangan satu angka
Contoh :
10 + 2 = 12
20 + 3 = 23
2)
Menjumlahkan tiga bilangan satu angka secara berurutan
a) Hasil
sampai dengan 10
Contoh :
3 + 4 + 1 = 7 +
1 = 8
4 + 3 + 2 = 7 +
2 = 9
b) Hasil
sampai dengan 20
Contoh :
4 + 5 + 6 = 9 +
6 = 15
9 + 8 + 4 =17 +
4 = 21
3)
Mengurangkan bilangan satu angka dari bilangan dua
angka
Perhatikan
contoh berikut :
Contoh :
15 – 9 = 6
18 – 9 = 9
d. Mengingat
penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
10 + 2 = 12
9 – 2 = 7
e.
Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan
pengelompokan
1)
Sifat pertukaran
3 + 9 = 12
9 + 3 = 12
2)
Sifat pengelompokan
3 + 4 + 6 = (3 +
4) + 6
= 7 + 6
= 13
11 + 4 + 5 =
(11+4) + 5
= 15 + 5
= 20
CATATAN :
pengerjaan dalam tanda kurung didahulukan
3. Menggunakan nilai tempat
a.
Menulis bilangan 2 angka
Contoh :
12 = 10 + 2 = 1
puluhan + 2 satuan
15 = 10 + 5 = 1
puluhan + 5 satuan
b. Menentukan
nilai tempat puluhan dan satuan
Contoh :
12
Bilangan 12 =
puluhannya 1 nilainya 10 satuannya 2
c.
Menjumlah dua bilangan tanpa menyimpan
1)
Menjumlah dengan cara mendatar
Contoh :
7 + 6 = 13
8 + 6 = 14
2)
Menjumlah dengan cara bersusun panjang
3)
Menjumlah dengan cara bersusun pendek
d. Mengurangkan
dua bilangan tanpa meminjam
1)
Cara bersusun panjang
2)
Cara bersusun pendek
e.
Memecahkan masalah sehari-hari dengan melibatkan penjumlahan
dan pengurangan
Contoh :
Tuti mempunyai 5
rambutan
Ayahnya
memberinya 10 rambutan
Rambutan tuti
sekarang
Rambutan itu
dimakan tuti 4
Jadi sisa
rambutan tuti 11
OPERASI HITUNG
BILANGAN
1. Menjumlah dan mengurang bilangan
a.
Mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20
Contoh :
Buah jagung,
bentuk penjumlahannya 2 + 1 = 3
Atau bentuk
pengurangannya 3 – 1 = 2
17 + 3 = 20
20 – 3 = 17
20 – 17 = 3
b. Menggunakan
sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokan
1) Sifat pertukaran
Contoh :
·
8 +
3 = 11
3 + 8 = 11
Perhitungan yang di cetak tebal menunjukkan
lebih muda dan cepat
·
6 + 4 = 4 + 6 = 10
Contoh sifat pertukaran pada penjumlahan
2) Sifat pengelompokan
Contoh :
·
(3 + 4) + 6 = 3 + (4 + 6) = 13
·
(2 + 8) + 7 = 2 + (8 + 7) = 17
Contoh sifat pengelompokan pada penjumlahan
2. Menggunakan nilai tempat
a.
Menulis bilangan dua angka
1)
Bilangan 21 sampai dengan
Contoh
:
·
40 + 2 = 41 dibaca empat puluh dua
·
30 + 6 = 36 dibaca tiga puluh enam
·
20 + 4 = 24 dibaca dua puluh empat
2)
Bilangan 51 sampai dengan 100
·
90 + 8 = 98 dibaca sembilan puluh delapan
·
80 + 2 = 82 dibaca delapan puluh dua
·
60 + 6 = 66 dibaca enam puluh enam
b. Menentukan
nilai tempat puluhan dan satuan
Contoh :
·
2 puluhan + 5 satuan = 25
20
+ 5 = 25
·
4 puluhan + 7 satuan = 47
40 + 7 = 47
c.
Menjumlah dua bilangan tanpa menyimpan
1)
Menjumlah dua bilangan dua angka hasil sampai dengan 50
Contoh
:
·
30 + 20 = 50
·
20 + 20 = 40
·
10 + 20 = 30
2)
Menjumlah dua bilangan dua angka hasil sampai dengan
100
Contoh
:
40
+ 20 = 60
40
= satuan 0 + 0 = 0
20
= puluhan 4 + 2 = 6
Hasilnya 6 puluhan + 0 satuan = 60
3)
Menjumlah bilangan dua angka dan satu angka hasil
sampai dengan 100
Contoh
:
d. Menjumlah
dua bilangan dengan satu kali menyimpan (pengayaan)
Contoh
:
15
+ 8 =23
16
+ 6 = 22
16
satuan 6 + 6 = 12 ditulis 2 simpan 1 puluhan
Puluhan
1 (simpanan) + 1 = 2
Hasilnya
2 puluhan +2 satuan = 22
e.
Mengurangkan dua bilangan tanpa meminjam
1)
Mengurangkan bilangan dua angka dari bilangan dua angka
lain bilangan paling besar 50
Contoh
:
30
– 10 = 20
40
– 15 = 25
2)
Mengurangkan bilangan dua angka dari bilangan dua angka
Contoh
:
60
– 10 = 50
80
– 22 = 58
3)
Mengurangkan bilangan satu angka dari bilangan dua
angka
Contoh
:
28
+ 6 = 34
64
+ 4 = 69
f.
Memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan
pengurangan
Contoh
:
Panen
jagung pak Banu 46 karung, panen jagung pak gandi 50 karung berapa karung
jumlah panen jagung pak banu dan pak gandi ?
Jawab
:
46
+ 50 = 96
Jumlah
panen jagung pak gain dan pak gandi 96 karung
SATUAN PENGUKURAN
1.
Membandingkan pengukuran panjang
a.
Mengenal panjang benda
Contoh :
Dua anak
kecil memakai celana, satu anak memakai celana panjang dan satu anak memakai
celana pendek
b. Memberi
contoh benda yang panjang dan yang pendek
Contoh :
·
Pensil
yang belum di runcingkan masih panjang dan pensil yangsudah diruncingkan
menjadi pendek
·
Barisan
terdiri atas 10 anak lebih panjang daripada barisan anak yang hanya terdiri
dari 8 anak
c.
Jarak yang dekat dan yang jauh
Contoh :
·
Jarak
kota jaya ke kota raya dekat
Jarak kota jaya ke kota ramai jauh
·
Anak
yang duduk paling depan lebih dekat dengan papan tulis daripada anak yang duduk
dibelakang jauh dari papan tulis
d. Mengukur
panjang benda dengan satuan tidak baku
Contoh :
Gunakan
bolpoinmu dan bolpoin temenmu untuk mengukur panjang ikat pinggangmu, panjang
ikat pinggangmu dengan bolpoinmu 10 bolpoin, panjang ikat pinggang dengan
bolpin temenmu 12 bolpoin.
Catatan : “
pengukuran menggunakan satuan tidak baku hasilnya tidak sama”
e.
Membandingkan panjang benda melalui gambar
f.
Membandingkan panjang benda
Contoh :
Anton
mengukur panjang lengan bajunya dengan tusuk gigi, panjang lengan baju anton
sama dengan 8 tusuk gigi
2.
Membandingkan pengukuran berat
a.
Mengenal berat benda
Cotoh :
Jika
kamu membawa secangkir teh, apakah menurutmu berat. Tentunya tidak. Namun jika
kamu membawa tiga cangkir teh dalam nampan akan terasa lebih berat
b. Contoh
benda yang ringan dan berat
Contoh :
Pak guru membawa dua benda,
tangan kiri memegang kaos kaki dan tangan kanan memegang sepatu. Ternyata lebih
berat tangan kanan yang memegang sepatu.
c.
Mengukur berat benda dengan satuan tidak baku
Contoh :
·
Berat
satu gunting sama dengan lima kelereng
·
Berat
satu cangkir kosong sama dengan 5 sendok
d. Menunjukkan
perbedaan hasil pengukuran berat dengan satuan tidak baku
Contoh :
Ada dua timbangan, yang satu
digunakan untuk menimbang antara berat satu sisir sama dengan lima bolpoin dan
yang satunya untuk menimbang berat satu sisir sama dengan tiga sendok. Jadi
terdapat perbedaan berat bila benda diukur dengan satuan tidak baku.
e.
Membandingkan berat benda secara langsung
f.
Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan
tidakl baku yang sama
Contoh ;
Berat satu bolpoin sama dengan
10 korek api sedangkan berat satu pensil sama dengan 7 korek api.
Jadi bolpoin lebih berat daripada pensil atau
pensil lebih ringan daripada bolpoin
BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR
1.
Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana
a.
Menyebutkan bermacam bentuk benda
Bentuk bola tabung balok atau
kubus
·
Bentuk
bola
Benda yang
bentuknya bola, misal kelereng dan benda yang tidak berbentuk bola misalnya
mangga
·
Bentuk
tabung
Contoh :
Benda yang
berbentuk tabung, misalnya kaleng susu dan kaleng minuman. Sedangkan benda yang
tidak berbentuk tabung misalnya teko air, gelas dan botol.
·
Bentuk
balok atau kubus
Balok
mempunyai enam sisi, sisi yang besar dan bentuknya sama, sisi atas dan bawah sisi
muka dan belakang sisi sampinh kiri dan kanan
Kubus
mempunyai enam sisi yang bentuk dan besarnya sama
b. Mengelompokkan
benda menurut bentuk permukaan atau ciri lainnya
Contoh :
Pensil sekelompok dengan
bolpoin
2.
Menyelidiki
berbagai bangun datar sederhana
a.
Menyebutkan
benda berbentuk bangun rdatar sederhana
Bentuk segitiga dan segiempat dilihat dari
banyak sisi
Segitiga adalah bangun datar dengan
segitiga
Segiempat adalah bangun datar dengan empat
sisi
b. Menjiplak atau membuat bentuk segitiga dan segiempat
Menjiplak gambar berbentuk segitiga dan
segiempat dan disalin ke buku
c.
Mengelompokkan
berbagai bentuk segitiga dan segiempat
Sumber : http://rikadiana26.blogspot.co.id/2013/06/materi-pelajaran-matematika-kelas-1-sd.html
0 komentar:
Posting Komentar